Program Game Pada Pascal
uses crt;
label
habis, lanjut;
const
max_panjang = 100;
batas_x = 80;
batas_y = 25;
speed = 200;
type
tempat = record
x, y : integer;
end;
var
ekor : array[1..max_panjang] of tempat;
ujung, makanan : tempat;
tkn : char;
i,pjg,skor,spd : integer;
mati : boolean;
procedure atur_posisi;
begin
ujung.x := ekor[pjg].x;
ujung.y := ekor[pjg].y;
for i:=pjg downto 2 do begin
ekor[i].x := ekor[i-1].x;
ekor[i].y := ekor[i-1].y;
end;
gotoxy(ekor[2].x, ekor[2].y); write('@');
gotoxy(ekor[3].x, ekor[3].y); write('&');
gotoxy(ekor[pjg-1].x, ekor[pjg-1].y); write('#');
gotoxy(ujung.x, ujung.y); write(' ');
for i:=3 to pjg do if((ekor[2].x=ekor[i].x) and
(ekor[2].y=ekor[i].y)) then mati:=true;
delay(speed-spd);
end;
procedure makan;
var beda : boolean;
begin
inc(skor,5);
gotoxy(10,26); write('Skor = ',skor);
repeat
beda := true;
makanan.x := random(batas_x-2)+2;
makanan.y := random(batas_y-2)+2;
for i:=1 to pjg do
if((makanan.x=ekor[i].x) and
(makanan.y=ekor[i].y)) then beda:=false;
until beda;
gotoxy(makanan.x, makanan.y); write('o');
inc(pjg);
inc(spd,2);
end;
procedure bergerak(c : char);
begin
if c = 'd' then begin
repeat
if((ekor[1].x = makanan.x)
and (ekor[1].y = makanan.y)) then makan;
ekor[1].x := ekor[1].x+1;
atur_posisi;
if (ekor[1].x = batas_x) or
(ekor[1].y = batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
until keypressed or mati;
if mati then exit;
tkn:=readkey;
if tkn = 'a' then tkn:='d';
end
else if c = 's' then begin
repeat
if((ekor[1].x = makanan.x)
and (ekor[1].y = makanan.y)) then makan;
ekor[1].y := ekor[1].y+1;
atur_posisi;
if (ekor[1].x = batas_x) or
(ekor[1].y = batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
until keypressed or mati;
if mati then exit;
tkn:=readkey;
if tkn = 'w' then tkn:='s';
end
else if c = 'w' then begin
repeat
if((ekor[1].x = makanan.x)
and (ekor[1].y = makanan.y)) then makan;
ekor[1].y := ekor[1].y-1;
atur_posisi;
if (ekor[1].x = batas_x) or
(ekor[1].y = batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
until keypressed or mati;
if mati then exit;
tkn:=readkey;
if tkn = 's' then tkn:='w';
end
else if c = 'a' then begin
repeat
if((ekor[1].x = makanan.x)
and (ekor[1].y = makanan.y)) then makan;
ekor[1].x := ekor[1].x-1;
atur_posisi;
if (ekor[1].x = batas_x) or
(ekor[1].y = batas_y) or (ekor[1].x = 1) or (ekor[1].y = 1) then mati := true;
until keypressed or mati;
if mati then exit;
tkn:=readkey;
if tkn = 'd' then tkn:='a';
end;
end;
begin
tkn:='d';
mati := false;
randomize;
pjg := 10; spd := 0;
makanan.x := random(batas_x-2)+2;
makanan.y := random(batas_y-2)+2;
ekor[1].x := 40;
ekor[1].y := 3;
for i:=2 to pjg do begin
ekor[i].x := ekor[i-1].x;
ekor[i].y := 3;
end;
lanjut:
clrscr;
gotoxy(10,26); write('Skor = ',skor);
for i:=1 to 80 do begin
gotoxy(i,1); write('-');
gotoxy(i,25); write('-');
end;
for i:=2 to 24 do begin
gotoxy(1,i); write('|');
gotoxy(80,i); write('|');
end;
for i:=1 to pjg do begin
gotoxy(ekor[i].x, ekor[i].y);
write('&');
end;
gotoxy(makanan.x, makanan.y); write('o');
repeat
if((tkn='w') or (tkn='a') or (tkn='s')
or (tkn='d')) then bergerak(tkn)
else begin
repeat
gotoxy(20,10);
write(' Lagi
Galau..??');
gotoxy(20,11);
write(' ..Paused
Game..');
repeat
gotoxy(20,13);
write('..Press w, a, s or d to lanjut..'); delay(200);
gotoxy(20,13);
write(' ');
delay(200);
until
keypressed;
tkn:=readkey;
until((tkn='w') or (tkn='a') or
(tkn='s') or (tkn='d')); goto lanjut;
end;
if mati then goto habis;
until (tkn = #27) or mati;
habis:
gotoxy(20,10); write(' Lagi
Galau..??');
gotoxy(20,11); write(' ..Paramex obatnya..');
gotoxy(20,12); write(' ..wkwkwkwkwk..');
readln;
end.
Penjelasan
Program ini akan bergerak dengan menekan tombol w,a,s,d,
sebagai penun juk arah ular. Program akan berkahir jika ular mencapai panjang
100,dengan kecepatan 200 delay, dengan tipe data x dan y. jika ular
gagal maka akan muncul kalimat “lagi galau, paramex obatnya, wkwkwkwk, dank an
muncul tampilan huruf W,A,S,D, unutk lanjut atau berhenti. Sekiranya itulah
jalannya program game ini secara sederhananya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar